Kenapa Aplikasi Rumah Sakit Penting di Era Digital?


Kenapa Aplikasi Rumah Sakit Penting di Era Digital?

Aplikasi Rumah Sakit merupakan sistem yang membantu proses pelayanan pasien agar lebih efisien, terstruktur dan rapi serta pastinya lebih menghemat waktu. Di era digital segala kebutuhan pelayanan pasien tidak bisa lagi menunggu lama, mulai dari pengambilan obat, pencatatan pasien hingga tindakan lainnya.

Maka, dibutuhkanlah aplikasi rumah sakit yang bisa membantu penanganan pasien menjadi lebih cepat, efisien dan terintegrasi demi kesembuhan pasien. Lantas apa yang dimaksud aplikasi rumah sakit? Simak penjelasan lengkap di bawah ini.

Pengertian aplikasi rumah sakit

Merupakan sebuah sistem yang terintegrasi antara satu dengan yang lain, mulai dari rekam medis elektronik, farmasi keuangan, hingga manajemen inventaris, untuk meningkatkan efisiensi, akurasi data, dan kualitas pelayanan dengan mengintegrasikan seluruh departemen ke dalam satu platform terpusat.

Hadirnya sistem yang terpusat memudahkan proses pelaksanaan operasional rumah sakit bisa berjalan dengan baik dan lancar. Yang tadinya masih menggunakan sistem manual dalam operasional rumah sakit, membuat kinerja nakes terbebani tidak hanya itu, saat membuat laporan pun menjadi tidak rapi. Anda bisa melakukan konsultasi gratis sebelum menentukan pilihan dengan klik link di bawah

Konsultasi Gratis

Fungsi utama aplikasi rumah sakit (SIMRS)

Pada dasarnya, adanya sebuah sistem membantu pelayanan di rumah sakit menjadi lebih tertata, rapi dan menjadi lebih terstruktur tanpa ada lagi sebuah hambatan dalam proses koordinasi. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja fitur yang terintegrasi dalam operasional rumah sakit berikut adalah penjelasannya:

  • Manajemen Pasien: Pendaftaran online, penjadwalan, dan rekam medis elektronik (EMR).
  • Pelayanan Klinis: Mengintegrasikan data dari IGD, rawat jalan, rawat inap, farmasi, radiologi, dan laboratorium.
  • Manajemen Keuangan: Pengelolaan billing, akuntansi, dan pelaporan keuangan.
  • Manajemen Inventaris: Pelacakan obat dan perlengkapan secara otomatis.
  • Pelaporan: Menyajikan data kinerja (dashboard) untuk manajemen dalam pengambilan keputusan strategis. 

Baca juga: Software Rumah Sakit: Solusi Digital untuk Efisiensi Layanan

Konsultasi GRATIS!

Manfaat

Kehadiran aplikasi rumah sakit memberikan dampak positif dalam pengembangan setiap faskes yang tadinya kurang efisien karena banyak laporan-laporan manual, kini semua lebih tertata dalam membantu operasional rumah sakit. Di bawah ini manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan sistem rumah sakit.

  • Efisiensi: Mempercepat proses pelayanan, mengurangi antrian, dan meminimalkan kesalahan manusia (human error).
  • Akurasi Data: Mengurangi duplikasi data dan meningkatkan akurasi informasi medis dan administratif.
  • Koordinasi: Memperkuat koordinasi antar-departemen melalui platform tunggal.
  • Aksesibilitas: Dokter bisa mengakses rekam medis pasien real-time, dan pasien bisa mengakses informasi kesehatan via aplikasi (telemedicine). 

Baca juga: Syarat Memilih Aplikasi Vendor SIMRS untuk Rumah Sakit

Jenis Aplikasi Rumah Sakit

Dalam perkembangannya ada banyak jenis aplikasi rumah sakit yang dapat membantu operasional setiap faskes, namun pada intinya tetap membantu manajemen rumah sakit menjadi lebih efisien dan terintegrasi. Lalu apa saja jenis-jenisnya simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

  • SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit): Fokus pada manajemen internal dan administrasi.
  • SIRS (Sistem Informasi Rumah Sakit): Sistem yang lebih luas untuk pengumpulan data nasional (dari RS ke pemerintah).
  • Aplikasi Pasien/Telemedicine: Aplikasi mobile untuk pasien (booking, konsultasi online, lihat hasil tes)

Kapan waktunya menggunakan aplikasi rumah sakit?

Saat rumah sakit dan klinik Anda kesulitan dalam mengelola sistem informasi, aplikasi rumah sakit harus segera diterapkan demi membantu pelayanan kepada pasien. Namun, setiap faskes pun juga harus mempersiapkan diri apa saja fitur-fitur yang perlu dibutuhkan dalam membantu operasionalnya seperti:

  • Untuk mengatasi masalah operasional:
    • Antrean pendaftaran yang memakan waktu lama.
    • Proses administrasi manual yang rentan kesalahan.
    • Data pasien yang tersebar dan sulit diakses.
    • Manajemen stok obat dan inventaris yang tidak efisien.
  • Untuk meningkatkan kualitas layanan pasien:
    • Pasien ingin bisa daftar/booking dokter secara online.
    • Pasien ingin akses rekam medis elektronik (RME) secara mudah.
    • Rumah sakit ingin menyediakan layanan telemedis (konsultasi online).
    • Mempercepat diagnosis dan penanganan karena data medis dapat diakses real-time.
  • Untuk memenuhi regulasi dan manajemen:
    • Wajib terintegrasi dengan sistem pemerintah (misalnya SATUSEHAT untuk BPJS dan pertukaran data).
    • Mempermudah pembuatan laporan keuangan, klaim, dan analisis data manajemen secara cepat dan akurat. 
Konsutasi GRATIS!

Farmagitechs siap bantu kendala rumah sakit Anda

Sebagai penyedia aplikasi rumah sakit yang sudah dipercaya lebih dari 67 mitra, Farmagitechs berkomitmen membantu proses digitalisasi rumah sakit dan klinik di Indonesia menjadi lebih baik dan pelayanan maksimal. Mulai dari antrean pasien tidak lagi menumpuk, akses riwayat data pasien lebih cepat hingga pemberian obat yang tepat dan sesuai untuk pasien.

Saat pasien menjalan aktivitas pemeriksaan laboratorium, mereka akan langsung mendapatkan hasilnya melalui catatan rekam medis elektronik yang dikembangkan oleh kami. Dengan ini, dokter menjadi lebih mudah dalam mengakses informasi terkini, sehingga membuat laporan diagnosis menjadi lebih akurat dan bisa merencanakan perawatan apa yang bisa dilakukan oleh pasien tersebut.

Dengan memilih aplikasi rumah sakit Farmagitechs Symphoenix, banyak mitra kami sudah merasakan dampaknya mulai dari efisiensi dalam pelayanan pasien, pengelolaan sistem administrasi menjadi lebih optimal dan tidak ada lagi penumpukan data-data manual karena sudah diinput secara digital.

Baca juga: Aplikasi Rumah Sakit Farmagitechs: Solusi SIMRS Modern 2025

Kesimpulan

Memilih aplikasi rumah sakit tidak boleh sembarangan, setiap faskes juga perlu melihat apa jangka panjang yang didapat jika memilih sistem tersebut. Dengan memahami kebutuhan faskes Anda, mencari informasi akuran, dan mempertimbangkan factor-faktor di atas, Anda dapat mengambil kesimpulan sistem apa yang tepat dalam menunjang proses operasional faskes Anda.

Konsultasi GRATIS!

Tinggalkan Komentar


WhatsApp Button
Farmagitechs
Tips memilih aplikasi rekam medis untuk RS dan Klinik Anda
Please enable JavaScript in your browser to complete this form.
Tuliskan nama lengkap Anda.
Nomor yang bisa kami hubungi.
Nama Perusahaan atau Rumah Sakit tempat Anda bekerja.
Alamat rumah sakit Anda bekerja.