Tips Memilih Aplikasi Rekam Medis untuk RS dan Klinik Anda

Banyak rumah sakit dan klinik kebingungan dalam mencari aplikasi rekam medis yang sesuai kebutuhan operasional. Mulai dari apakah sudah terintegrasi? sudah sesuai standar Kemenkes atau belum dan sebagainya.
Tidak hanya itu, aplikasi rekam medis juga harus user-friendly bisa digunakan oleh semua tenaga kesehatan dan pihak-pihak lainnya.
Berikut adalah bagaimana tips memilih yang sesuai kebutuhan rumah sakit dan klinik Anda:
Fitur lengkap dan mudah digunakan
Fakta pertama dalam memilih aplikasi rekam medis faskes wajib melihat bagaimana fiturnya apakah sesuai standar kesehatan yang berlaku atau tidak. Minimal mempunyai fitur CPPT ( Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi), ICD -10 & ICD-9, resume medis, approval dokter dan perawat.
Semuanya harus dimiliki oleh sistem itu sendiri, karena kebutuhan pasien di rumah sakit semakin hari semakin kompleks, dengan demikian, rumah sakit atau klinik pun tidak ragu memilihnya.
Baca juga: Farmagitechs dorong digitalisasi layanan di RS Insan Nusantara
User friendly untuk tenaga medis
Sebuah aplikasi rumah sakit tidak hanya dilengkapi oleh fitur yang banyak, namun juga bagaimana user friendlynya bisa diterima tenaga kesehatan. Karena tampilan yang baik membuat tenaga medis merasa nyaman ketika melayani pasien yang ingin berobat di rumah sakit atau klinik.
Ciri-ciri aplikasi rekam medis yang baik dan cepat digunakan adalah dari segi tampilan bersih, input data pasien lebih cepat, navigasi sederhana, bisa diakses dari tablet atau PC. Sehingga dengan demikian tenaga medis nyaman dan implementasi menjadi lebih sukses.
Baca juga: SIMRS Farmagitechs: Solusi Digitalisasi Rumah Sakit
Keamanan data pasien harus terjaga
Hal yang tidak boleh dilupakan oleh setiap faskes adalah mencari sistem dengan keamanan data pasien yang tinggi. Sebab, data pasien merupakan hal yang sangat sensitif dan tidak boleh diakses oleh semua pihak.
Pastikan aplikasi rekam medis yang faskes Anda pilih memiliki fitur enkripsi data, backup otomatis, akses role – based ( dokter, perawat, admin).
Ini berguna untuk melindungi data pasien dan mencegah kebocoran data informasi lebih jauh lagi.
Aplikasi terintegrasi dengan SATUSEHAT
Persoalan lainnya yang harus dipikirkan oleh faskes ketika memilih aplikasi rekam medis memastikan harus terintegrasi dengan platform SATUSEHAT. Sejak tahun 2024 semua rumah sakit dan klinik yang menggunakan sistem terintegrasi dengan aplikasi dari pemerintah tersebut.
Mulai sudah lolos uji API Kementrian Kesehatan (Kemenkes) bisa mengirimkan ke data RME ke pusat, dengan layanan yang sudah terintegrasi akan membantu operasional rumah sakit dan klinik Anda menjadi lebih cepat.
Baca juga: Aplikasi Rumah Sakit Farmagitechs: Solusi SIMRS Modern 2025
Disesuaikan kebutuhan RS/Klinik
Fasilitas kesehatan sering kali mempunyai banyak permintaan terkait sistem yang akan dipakai dalam operasionalnya sehari-hari.
Aplikasi rekam medis yang kurang lengkap dalam menunjang operasional hanya akan ditinggalkan dan kurang banyak diminati.
Pilih vendor yang berpengalaman
Berpengalaman dalam memegang rumah sakit, klinik pun perlu menjadi pertimbangan buat faskes Anda mulai menggunakan aplikasi rekam medisnya. Sebab, vendor tersebut tentunya sudah memiliki support sistem yang baik, punya roadmap pengembangan yang jelas serta dokumentasi lengkap.
Pilih vendor yang sudah terpercaya dalam menangani rumah sakit dan klinik, sehingga dengan demikian Anda tidak akan ragu menggunakan jasa aplikasi rekam medis tersebut karena sudah banyak dipakai oleh klien lain.
Perhatikan harga dan biaya tambahan
Terakhir sebelum memilih aplikasi rekam medis adalah keputusan mengenai harga dan biaya tambahan, ini menjadi poin terakhir sebelum Faskes menentukan keputusan akhir apakah akan menggunakan aplikasi tersebut atau tidak.
RME Farmagitechs Solusi Tepat Kebutuhan Faskes Anda
Aplikasi rekam medis elektronik dari Farmagitechs membantu proses pelayanan pasien Anda bisa berjalan dengan baik dan lancar. Aplikasi rekam medis E-Doc mempunyai dua kelebihan dibandingkan dengan layanan rekam medis yang lainnya bisa tertulis maupun tidak tertulis.
Kelebihan inilah yang menjadi poin plus dari E-Doc menyesuaikan kebutuhan dari keinginan tenaga kesehatan dan kebiasaan nakes dalam bekerja. Tidak hanya itu, RME E-Doc memiliki kelebihan lainnya antara lain data tersimpan secara rapi, dokter dan perawat bisa mencari riwayat pasien dalam hitungan detik.
Akses data lebih mudah realtime, artinya tenaga medis bisa mengakses data dari ruangan manapun sesuai hak akses sehingga dengan demikian keputusan diagnose menjadi lebih cepat dan tepat.
Aplikasi rekam medis E-Doc juga dilengkapi dengan keamanan data yang lebih terjamin karena enkripsi data, control akses, audit trail dan backup otomatis.
Adanya kelebihan ini, membuat data pasien lebih aman dibandingkan dalam bentuk penyimpanan kertas yang mudah rusak/hilang yang selama ini masih dialami oleh beberapa faskes di beberapa wilayah. Saatnya beralih ke aplikasi rekam medis yang sesuai kebutuhan rumah sakit & klinik Anda info lengkap klik di sini






