SIMRS Symphoenix: Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Terbaik

Masih pusing ngurusin manajemen Rumah Sakit?


  • Administrasi masih manual
  • Berkas RM tercecer dimana-mana
  • Verifikasi klaim BPJS lama & banyak pending
  • Hitung persediaan obat masih manual
  • Obat ED tidak ketahuan
  • Pembuatan laporan tidak otomatis
  • Khawatir kehilangan data

    Manajemen Rumah Sakit Menentukan Mutu Pelayanan

    Kinerja rumah sakit menjadi cepat, pegawai senang, pasien puas

    simrs sistem informasi manajemen rumah sakit

    Manajemen rumah sakit tentunya menjadi bagian yang sangat penting dari aktivitas pelayanan kesehatan sebuah rumah sakit dan bisa sangat menentukan mutu pelayanan dan penanganan pasien. Manajemen rumah sakit yang baik akan meningkatkan akurasi, identifikasi masalah, dan kecepatan pengambilan keputusan sehingga penanganan pasien lebih efektif dan efisen.

    Selain itu, dengan manajemen rumah sakit yang rapi, hal-hal seperti pelaporan dalam pelaksanaan operasional, penyusunan strategi dalam pelaksanaan manajerial, koordinasi antar unit menjadi lebih mudah. Tidak hanya untuk pasien, manajemen rumah sakit yang baik harus mampu menghasilkan SDM yang tepat secara kualitas dan kuantitas sehingga pelayanan kesehatan bisa tepat waktu serta tepat sasaran.

    Untuk mewujudkan hal tersebut dan juga sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013 tentang SIMRS disebutkan bahwa setiap Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS.

    Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat SIMRS adalah suatu sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara tepat dan akurat dan merupakan bagian dari Sistem Informasi Kesehatan yang meliputi data, informasi, indikator, prosedur, teknologi, perangkat, dan sumber daya manusia yang saling berkaitan dan dikelola secara terpadu untuk mengarahkan tindakan atau keputusan yang berguna dalam mendukung pembangunan kesehatan.

    Sebuah aplikasi SIMRS setidaknya harus bisa memfasilitasi:

    • Kegiatan pelayanan utama (front office)
    • Kegiatan administratif (back office)
    • Komunikasi dan kolaborasi

    Oleh karena itu SIMRS Symphoenix hadir sebagai solusi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit masa kini dengan fitur lengkap dan mudah diterapkan mulai dari rumah sakit negeri dan swasta, RSUD, rumah sakit spesialis, dan klinik.

    Apa itu SIMRS Symphoenix?

    SIMRS Symphoenix adalah aplikasi sistem informasi rumah sakit yang menjadi solusi ideal dalam menyelesaikan permasalahan administrasi rumah sakit Anda. Modul terintegrasi,  mulai awal yaitu pendaftaran online dan offline, sampai dengan pelayanan back office baik klinis (rekam medis), non klinis, keuangan, dan akuntansi. Aplikasi SIMRS ini menyelaraskan banyak kepentingan baik dari shareholder maupun stakeholder.

    Fitur SIMRS Symphoenix

    SIMRS Symphoenix memiliki fitur lengkap dan akan terus disesuaikan dengan trend kebutuhan rumah sakit / klinik saat ini

    Front Office

    1. Pencatatan pendaftaran & data pasien
    2. Pencatatan cara bayar pasien
    3. Pencetakan kartu berobat
    4. Pencetakan nomor antrian
    5. Pencetakan label pasien
    6. Pencetakan berkas rekam medis
    7. Pencetakan lembar SEP pasien
    8. Penghapus atau edit data pendaftaran
    9. Pendaftaran Online
    1. Antrian Online
    2. Mesin Anjungan Pendaftaran
    1. Riwayat Rekam Medis Pasien
    2. Pencatatan DPJP, Vital Sign, Diagnosa, Tindakan Medis
    3. Pencatatan Order Pemeriksaan Penunjang
    4. Pencetakan Dokumen Rekam Medis
    5. Pencatatan Konsul ke Klinik Lain
    6. Pembatalan Kunjungan
    7. Pencatatan Order Rawat Inap
    1. Riwayat Rekam Medis Pasien
    2. Pencatatan DPJP, Vital sign, Diagnosa, Tindakan Medis
    3. Pencatatan Order Pemeriksaan Penunjang
    4. Pencatatan Perpindahan Bed dan Kepulangan Pasien
    5. Pencatatan Perubahan Waktu Rawat Inap Pasien
    6. Pencetakan Dokumen Rekam Medis
    1. Pencatatan Hasil Pemeriksaan (Laboratorium, Radiologi, Fisioterapi)
    2. Pencatatan Pelayanan Kemoterapi, Hemodialisa, Bank Darah, Operasi, One Day Care, Forensik, MCU
    3. Pencatatan Pelayanan Farmasi (Resep dan Non Resep)
    4. Bridging LIS
    5. Cetak Hasil Pemeriksaan Penunjang
    1. Informasi Tagihan Pasien
    2. Penerimaan Pembayaran Tagihan Pasien
    3. Penerimaan Pembayaran Non-Pasien
    4. Penerimaan Depositi / Down Payment (DP)
    5. Rekap Penerimaan Per-Shift Kasir
    1. Bridging Informasi Bed to JKN Mobile
    2. Bridging SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu)
    1. Bridging dengan BPJS VClaim
    2. Bridging dengan Kemenkes E-Klaim INA-CBG
    1. E-Resep Poliklinik
    2. E-Resep IGD
    3. E-Resep Penunjang
    4. E-Resep Rawat Inap
    5. Monitoring Antrian Resep

    Back Office

    1. Pencatatan Pemesanan dan Penerimaan Barang
    2. Pencatatan Retur Barang
    3. Pemusnahan Barang
    4. Pencatatan Pendistribusian
    5. Pencatatan Penerimaan Distribusi
    6. Pencatatan Stok Opname
    7. Pencatatan Koreksi Stok
    8. Informasi Penggunaan Barang Tiap Unit
    9. Laporan-laporan
    1. Pencatatan Pemesanan dan Penerimaan Barang
    2. Pencatatan Retur Barang
    3. Pemusnahan Barang
    4. Pencatatan Pendistribusian
    5. Pencatatan Penerimaan Distribusi
    6. Pencatatan Stok Opname
    7. Pencatatan Koreksi Stok
    8. Informasi Penggunaan Barang Tiap Unit
    9. Laporan-laporan
    1. Pencatatan Pemesanan dan Penerimaan Barang
    2. Pencatatan Retur Barang
    3. Pemusnahan Barang
    4. Pencatatan Pendistribusian
    5. Pencatatan Penerimaan Distribusi
    6. Pencatatan Stok Opname
    7. Pencatatan Koreksi Stok
    8. Informasi Penggunaan Barang Tiap Unit
    9. Laporan-laporan
    1. Pengadministrasian Hutang
    2. Penerbitan SPM Hutang
    3. Penerimaan Pengeluaran Kas
    4. Jurnal Penerimaan / Pengeluaran
    5. Surat Perintah Membayar
    6. Laporan Pasien Penjamin
    7. Mutasi Kas Bank
    8. Rekap Piutang Pasien
    9. Laporan Arus Kas
    1. Otomatisasi Jurnal Penerimaan
    2. Pencatatan Jurnal Umum
    3. Pencatatan Jurnal Koreksi
    4. Verifikasi Jurnal Pengeluaran
    5. Verifikasi Jurnal Penerimaan
    6. Buku Besar
    7. Laporan Laba Rugi
    8. Laporan Neraca
    9. laporan Cash Flow
      – Financing Activity
      – Investing Activity
      – Operating Activity
    10.  
    1. Database Pegawai
    2. Riwayat Mutasi
    3. Riwayat Pegawai
    4. Pengajuan Cuti
    5. Presensi
    6. penggajian / Payroll
    7. Penghitungan Pajak PPH 21
    8. dll
    1. Purchasing
    2. Delivery Order
    3. Distibusi Unit
    1. E-Doc for Claim
    1. Host to Host dengan Semua Bank
    2. Host to Host dengan Provider
    3. Host to Host dengan Dukcapil
    4. dll

    Keunggulan SIMRS

    Dengan bergabung dengan kami, Mitra akan selalu diuntungkan

    1. Dapat diintegrasikan (bridging) dengan semua aplikasi termasuk BPJS, VClaim, dan E-Klaim INA-CBG
    2. Otomatisasi Laporan Keuangan dan Akuntansi
    3. Dual Mode Input (untuk mengakomodir keinginan akan ERM)
    4. Menghemat 90-95% biaya penggunaan kertas untuk rekam medis
    5. Aman, karena server disimpan di rumah sakit mitra
    6. Manajemen informasi RS yang terpusat

      Mengenal Rekam Medis Pasien

      Pencatatan, pengelolaan, hingga penyimpanan

      Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Dokumen yang dimaksud dalam ruang lingkup rekam medis adalah catatan dokter, dokter gigi, dan/atau tenaga kesehatan tertentu, laporan hasil pemeriksaan penunjang, catatan observasi dan pengobatan harian dan semua rekaman, baik berupa foto radiologi, gambar pencitraan (imaging), dan rekaman elektro diagnostik.

      Isi suatu rekam medis untuk pasien antara lain memuat : identitas pasien; tanggal dan waktu tindakan; hasil anamnesis, keluhan dan riwayat penyakit; hasil pemeriksaan fisik dan penunjang medik; diagnosis; rencana penatalaksanaan; pengobatan dan/atau tindakan; pelayanan Iain yang telah diberikan kepada pasien;  serta dokumen pendukung lainnya.

      Isi rekam medis beragam sesuai dengan jenisnya; yaitu Rekam Medis Pasien Rawat Jalan, Rekam Medis Pasien Rawat Inap, Rekam Medis Pasien Gawat Darurat, Rekam Medis Pasien dalam keadaan Bencana.

      Fungsi rekam medis memegang peranan penting dalam hal layanan kesehatan; yaitu :

      1. Pemeliharaan Kesehatan dan Pengobatan Pasien,
      2. Alat Bukti dalam Proses Penegakan Hukum,
      3. Disiplin Kedokteran dan Kedokteran Gigi dan Penegakkan Etika Kedokteran dan Kedokteran Gigi,
      4. Keperluan Pendidikan dan Penelitian,
      5. Dasar Pembayar Biaya Pelayanan Kesehatan, dan
      6. Data Statistik Kesehatan.

      Setiap  dokter  atau  dokter  gigi  dalam  melaksanakan  praktik  kedokteran wajib menyimpan kerahasiaan yang menyangkut riwayat penyakit pasien yang  tertuang  dalam  rekam  medis.  Rahasia  kedokteran  tersebut  dapat dibuka  hanya  untuk  kepentingan  pasien  untuk  memenuhi  permintaan aparat  penegak  hukum  (hakim  majelis),  permintaan  pasien  sendiri  atau berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Berdasarkan   Kitab   Undang-Undang   Hukum   Acara   Pidana,   rahasia kedokteran (isi rekam medis) baru dapat dibuka  bila diminta oleh hakim majelis  di hadapan  sidang  majelis.  Dokter  dan  dokter  gigi  bertanggung jawab atas kerahasiaan rekam medis sedangkan kepala sarana pelayanan kesehatan bertanggung jawab menyimpan rekam medis.

      Rekam medis disimpan menurut nomor registrasi pasien atau nomor rekam medis yang diurutkan berdasarkan nomor akhir (terminal digit), nomor tengah (middle digit) atau nomor langsung (straight numerical).  Rekam medis pasien rawat inap di rumah sakit wajib disimpan sekurang-kurangnya untuk jangka waktu 5 (lima) tahun terhitung dari tanggal terakhir pasien berobat atau dipulangkan.

      Sistem penyimpanan dokumen rekam medis dapat dilakukan dengan terpusat pada suatu tempat tertentu, menyatukan berkas rekam medis pasien rawat jalan, rawat inap, dan rawat darurat di satu tempat penyimpanan. Dalam kondisi seperti ini dibutuhkan suatu sistem transportasi berkas rekam medis antara tempat penyimpanan dengan lokasi layanan.

      Sistem penyimpanan dokumen rekam medis juga dapat dilakukan secara terpisah, memisahkan berkas rekam  pasien rawat jalan, rawat darurat, dan rawat inap pada tempat tersendiri; yang umumnya lokasinya berdekatan dengan masing masing tempat layanan.

      UPDATE FITUR SIMRS Symphoenix

      E-Doc (Electronic Document) merupakan produk rekam medis elektronik terbaru dari layanan kami, E-Doc dapat mempermudah pekerjaan anda dalam pengelolaan data rekam medis. Mulai dari pembuatan dokumen rekam medis secara digital hingga pengiriman berkas ke pihak BPJS, semua dapat dilakukan dalam genggaman tablet anda.

      Keunggulan E-Doc

      1. Dual Mode Input, Selain mode typewriting (ketik), EDOC juga bisa digunakan dengan mode handwriting (tulis) sehingga memberikan fleksibilitas saat digunakan
      2. User Friendly, tampilan E-Doc didesain dengan menarik dan sangat informatif sehingga memudahkan user
      3. Aman, terarsip secara digital dengan aman dan rahasia karena hanya user tertentu yang diberi akses ke dokumen
      4. Menghemat 90-95% biaya penggunaan kertas untuk rekam medis
      5. Aman, karena server disimpan di rumah sakit mitra
      6. Output dokumen diakui oleh BPJS, tidak perlu scan berkas untuk pengajuan klaim karena telah mendapat persetujuan BPJS sebagai dokumen klaim yang sah

        Mitra Kami

        kami telah dipercaya menangani rumah sakit dari berbagai penjuru indonesia

        KLINIK PRATAMA

        RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA)

        RUMAH SAKIT UMUM (RSU)

        kenggulan kami

        Mengapa harus memilih kami

        BERPENGALAMAN

        Kami telah menangani belasan rumah sakit pemerintah dan swasta selama 8 tahun dari klinik, RS tipe D hingga RS tipe B

        SUPPORT TENAGA AHLI

        Tim yang ahli dalam memandu pelaksanaan implementasi serta responsif

        FREE KONSULTASI

        Kami memberikan jaminan konsultasi dan pelatihan kembali secara gratis selama masa kontrak

        24/7 LAYANAN ON-CALL

        Mitra dapat menanyakan perihal SIM RS, berkonsultasi, komplain dan dilayani 24 jam / 7 hari

        CUSTOMIZEABLE

        SIMRS dapat disesuaikan dengan kebutuhan RS sesuai dengan kesepakatan

        Segera dapatkan

        Penawaran Terbaik dari Kami!

        per pendaftaran rajal / ranap

        PROMO

        Free pembuatan website

        Ingin melihat FITUR LENGKAP dari SIM RS Symphoenix? Anda bisa mengatur jadwal presentasi demo aplikasi melalui form berikut ini

        Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit