Informasi Sebagai Sumber Daya Konseptual Pentingkah?

Informasi Sebagai Sumber Daya Konseptual Pentingkah?

November 23, 2018 business 0

Yogyakarta, bisnis saat ini menjadi sangat kompleks, sehingga ketersediaan informasi menjadi sangat penting. informasi adalah salah satu jenis sumber daya yang dibutuhkan manajer dalam sebuah perusahaan. Selain informasi manajer mengelola sumber daya lain yang bentuknya fisik, missal manusia, material, mesin termasuk di dalamnya fasilitas dan energy serta uang. Sumber daya yang berbentuk fisik ada wujudnya sedang informasi tidak berwujud tetapi ada sehingg adisebut juga sebagai sumber daya konseptual yang nilainya bergantung dari apa yang diwakilinya. Manajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.

Keenam sumber daya baik fisik maupun konseptual dikelola oleh manajer, agar saat dibutuhkan sudah siap. Penyiapannya dilakukan secara efektif dan efisien agar membutuhkan biaya yang paling sedikit. Bagi sumber daya yang berbentuk manusia (sumber daya manusia) maka sebelum diserahi tugas untuk melakukan sebuah pekerjaan harus dipastikan dahulu memang sudah memiliki kompetensi untuk pekerjaan itu. Bagaimana jika belum memenuhi? Sudah sewajarnya bila dilakukan training sampai mencapai kompetensi yang dibutuhkan. Demikian juga dengan sumber daya mesin, persiapan sebelum digunakan harus teliti sampai mencapai kondisi sesuai kriteria melakukan proses pekerjaan, bila belum? Harus dilakukan rekonstruksi, agar manusia dan mesin saat dibutuhkan sudah siap pakai.

Jawab manajer untuk menyiapkannya. Bahan baku informasi adalah data, dan data tersedia meruah di sebuah perusahaan. Data harus dikelola dengan baik agar bisa diolah dengan cepat, tepat dan akurat menjadi informasi. Manajer memastikan data mentah terkumpul dan siap diolah menjadi informasi kemudian manajer menyiapkan informasi untuk diberikan kepada hanya yang berhak agar dapat digunakan secara tepat pada saat yang tepat sehingga pemanfaatannya optimal, sisanya disimpan atau kalau kemungkinan tidak diperlukan lagi dibuang. Seluruh aktivitas manajer sejak dari pengumpulan data mentah, siap diolah menjadi informasi, memilah dan memilih informasi, memberikan informasi yag tepat hanya kepada yang berhak menerima, membuang yang tidak berguna, pada saat yang tepat disebut manajemen informasi.

Manajemen informasi sekarang menjadi perhatian besar manajer karena dengan informasi dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan, hal ini dapat dimengerti didukung oleh karena bisnis semakin kompleks dan computer semakin canggih.

About the author

Putri:

0 Comments

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply